June 9, 2022
Notaris di Bengkulu Menggelar Zoom Meeting GOAML – PPATK | Bengkulu

[ad_1]

BENGKULU – Notaris di Provinsi Bengkulu mengadakan Zoom meeting pada Jumat (10/9/2021) tentang pengkinian data dan tata cara pendaftaran pada aplikasi GOAML.

Aplikasi Sistem Pencucian Uang yang dikelola oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) ini merupakan aplikasi yang bertujuan untuk mencegah atau mendeteksi transaksi keuangan yang mencurigakan, sebagaimana tertuang dalam Pasal 5 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010.

Idayanti SH, Kepala INI Kantor Kabupaten Bengkulu mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang pentingnya pemutakhiran data GOAML bagi Notaris dan PPAT Bengkulu.

“Hal ini sejalan dengan Peraturan Ketua PPATK Nomor 02 Tahun 2021 tentang Tata Cara Penyampaian Laporan Transaksi Keuangan Mencurigakan (LTKM) Melalui Aplikasi GOAML,” kata Idayanti.

Ini Kepala Dinas Kabupaten Bengkulu, Idayanti, SH

Selain keterbukaan informasi terkait GOAML, langsung Pengurus Pusat INI, Herna Gunawan, SH., M.Kn. Kegiatan ini dilanjutkan dengan update data dan registrasi GOAML.

“Pembaruan data GOAML ini dirancang untuk Notaris yang terdaftar di GRIPS dan yang datanya telah dimigrasikan ke aplikasi GOAML. Sedangkan notaris yang tidak terdaftar di GRIPS harus mendaftarkan organisasi dan pengurus, termasuk pejabat pelapor,” lanjut Idayanti.

Setelah semua proses update data dan registrasi selesai, data tersebut akan diverifikasi oleh PPATK. Notaris kemudian akan menerima pemberitahuan konfirmasi atau penolakan.

“Kalau ada penolakan, datanya harus dikoreksi lagi,” kata Idayanti.

Manajer Pusat INI, Herna Gunawan, SH., M.Kn

Pemutakhiran dan pendaftaran GOAML ini tidak serta merta berarti bahwa segala perbuatan dan perbuatan Notaris harus melakukan LTKM kepada PPATK.

Meskipun berdasarkan Peraturan Pemerintah tentang Pelapor tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang No. 43 Tahun 2015, Notaris ditetapkan sebagai pihak yang memberi tahu setiap transaksi keuangan yang mencurigakan.

Idayanti mengatakan, “Selama Notaris hanya menjalankan tugas sesuai kewenangan Notaris, maka kewajiban memenuhi LTKM tidak berlaku bagi Notaris.” (merah)

Baca Juga  Karyawan XL Axiata Gelar Aksi Sosial | Nusantara

[ad_2]

Source link