June 9, 2022

[ad_1]

BERITA BENGKULU — Inovasi tidak hanya terjadi di bidang teknologi, tetapi juga di bidang keuangan. Awalnya produk keuangan yang terkenal adalah tabungan, kemudian berkembang menjadi pinjaman modal kerja, kartu kredit. Ada juga produk keuangan yang tujuannya untuk investasi.

Di era modern ini, fintech atau financial technology merupakan salah satu layanan yang berkembang sangat pesat. Teknologi yang digunakan untuk mengakses hampir semua layanan keuangan ini sangat menguntungkan.

Ada banyak jenis fintech yang harus diwaspadai masyarakat karena semuanya bisa menjadi solusi keuangan terbaik.
Jenis Fintech Membantu Perekonomian Masyarakat
Popularitas Fintech dimulai dengan munculnya banyak perusahaan baru. Hasil yang diberikan tentu saja dapat mengubah gaya hidup masyarakat. Dulu, setiap orang harus mengantri di bank untuk mengakses layanan keuangan, sekarang tidak lagi.

Berbekal smartphone saja, masyarakat kini bisa mengakses layanan keuangan. Lalu layanan keuangan seperti apa yang bisa diakses dari fintech ini? Berikut jenis fintech yang tersedia.

penggalangan dana

Pernahkah Anda berpartisipasi dalam program penggalangan dana yang diadakan di aplikasi? Aplikasi ini merupakan salah satu jenis fintech yang tujuannya untuk menggalang dana.

Saat ini banyak fintech yang berfungsi sebagai penggalang dana untuk membantu orang lain yang kesulitan, lingkungan, bahkan hewan. Fintech jenis ini bisa dikatakan sebagai program sosial.

keuangan mikro

Jenis kedua adalah layanan keuangan untuk kelas menengah ke bawah yang membutuhkan modal atau pembiayaan harian. Adanya fintech ini memudahkan masyarakat dalam mengakses pulsa online lebih cepat.

Keuangan mikro merupakan jembatan bagi masyarakat untuk mendapatkan modal kerja yang bernilai kompetitif bagi pemberi pinjaman. Di sisi lain, bunga masih terjangkau oleh masyarakat, sehingga menjadi win-win solution.

Baca Juga  Tips Membuka Akun Instagram yang Terkena Hack | Teknologi

Sistem Pembayaran Digital

Model selanjutnya adalah fintech, yang membantu masyarakat membayar tagihan atau melakukan pembelian secara online. Semua pembayaran dapat dilakukan dengan satu aplikasi, tanpa perlu langsung ke bank atau membayar tagihan.

Misalnya, jika Anda ingin melakukan pembayaran PDAM, Anda tidak perlu lagi datang ke kantor PDAM untuk membayar. Begitu juga dengan tagihan lainnya seperti kartu kredit, token listrik, pulsa dan masih banyak lagi.

Layanan ini sangat berguna saat Anda sibuk dengan pekerjaan karena semuanya langsung terintegrasi dengan rekening tabungan. Tentunya tingkat keamanannya juga bisa diandalkan selama Anda memilih aplikasi yang tepat.

Kolektor Elektronik

Platform ini sedikit berbeda dengan jenis fintech lainnya. Di sini Anda akan menemukan informasi tentang layanan keuangan. Informasi yang dikumpulkan juga cukup lengkap untuk membantu Anda mengambil keputusan yang tepat.

Anda dapat dengan mudah membandingkan dan memutuskan untuk menggunakan layanan keuangan melalui platform fintech ini.

P2P

Peer to Peer Lending atau lebih dikenal dengan P2P memberikan akses pinjaman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Siapapun bisa mengajukan pinjaman langsung melalui platform yang disediakan.

Salah satunya memiliki aplikasi bernama PT Bank Amar Indonesia Tbk yang sudah memiliki izin OJK. uang saya. Di bawah pengawasan PT Bank Amar Indonesia Tbk, Tunaiku menyediakan layanan pinjaman uang online dengan limit hingga 20 juta rupiah.

Proses aplikasi dapat dilakukan dengan mudah hanya melalui ponsel pintar dengan kartu ID. Tunaiku adalah KTA mudah yang memberikan suku bunga bulanan yang kompetitif dengan jangka waktu maksimum 20 bulan.

Itulah berbagai jenis fintech yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Jadi yang mana yang Anda butuhkan?

Baca Juga  Karyawan XL Axiata Gelar Aksi Sosial | Nusantara

[ad_2]

Source link